Artikel

Batik Eksklusif: The Real Batik atau Hanya Kain Bermotif Batik?

Batik atau…?

Kalau diperhatikan secara lebih teliti, batik sebenarnya mengacu pada pembuatan kain dengan proses wax-dyeing atau penutupan sebagian tempat dalam proses pewarnaannya. Nah, lebih lanjut ini nanti akan berhubungan dengan terciptanya motif-motif tertentu; baik motif klasik maupun motif modern.

Batik Tulis Khas Indoneis (Gambar:D.A)

Batik yang menjadi tren saat ini apakah semuanya bisa disebut batik? Hmmh, saya pribadi tidak akan menyebutnya begitu. Kebanyakan yang ada saat ini adalah: kain bermotif batik. Lazimnya, disebut batik printing. Kenapa begitu? Perbandingannya begini: kain yang bermotif parang rusak (atau motif-motif batik klasik dan batik pada umumnya) tapi dibuat dengan cetak printing memakai mesin dengan pewarnaan yang biasa saja, atau kain yang digambar burung garuda dengan canting dan teknik pewarnaan dengan penggunaan malam. Mana yang lebih bisa disebut batik? Dari deskripsi batik yang diakui oleh UNESCO, kain kedualah yang lebih bisa disebut batik.

Bagaimana cara membedakannya? Caranya sangat mudah. Pertama, coba lihat kedua sisi kain batik. Jika sisi pertama dan kedua terlihat sama warnanya (sama-sama berwarna tegas dan jelas), maka kain itu dibuat dengan proses pewarnaan memakai malam. Kedua, coba perhatikan motifnya. Jika motifnya sangat seragam, kain itu bisa jadi batik printing. Batik tulis biasanya tidak akan memiliki motif yang benar-benar sama persis dalam satu kain. Namanya juga buatan tangan, pasti ada yang berbeda di motif serupa walaupun satu kain. Batik cap hampir sama dengan batik printing (motifnya akan terlihat seragam), tetapi biasanya tetap terdapat perbedaan dalam motif sama yang berulang jika diperhatikan lebih seksama.

Batik Apa yang Dipakai COSSETTE?

COSSETTE menggunakan jenis batik cap yang diproduksi langsung dari produksi rumahan di Yogyakarta. Kualitasnya? Tentu saja sangat bisa bersaing dengan batik cap dan batik tulis lainnya, dan jauh lebih baik daripada batik printing yang banyak di pasaran saat ini. Dengan segala kelebihan batik –warna yang tegas dan tidak mudah pudar, motif batik yang elegan dan klasik, juga pembuatan yang memperhatikan detail– Cossette tampil dengan sentuhan baju batik yang sama sekali berbeda dengan baju batik pada umumnya. Tertarik? [DA]

Jadi Mau Batik yang Seperti Apa?

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *